Model Pembelajaran Penghapalan

Januari 14, 2013 0 Comments

Penghapalan

Nhingz, BLOG--Hermann Ebbinghaus (1850-1909 M) disinyalir sebagai orang pertama yang melakukan eksperimen tentang memori. Eksperimen yang dilakukan Ebbinghaus menggunakan dirinya sendiri sebagai subyek penelitian. Penelitian dilakukan dengan menghafal suku kata-suku kata yang telah disusunnya sedemikian rupa sampai ia mampu mengingat kembali suku kata tersebut, dan kemudian dicatat berapa lama waktu yang digunakan untuk proses tersebut.
SKETSA MODEL PENGHAPALAN (MEMORIES)
Merekam => Menyimpan => Memanggil
Kelebihan Model ini:
  1. Menghapal termasuk menyimpan sesuatu dalam memori manusia, teknik yang paling praktis dan populer yaitu dengan menghafal dengan bantuan
  2. Dapat digunakan untuk berbagai macam mata pelajaran (Mis. Menghafal negara dan ibukotanya serta menghafal rumus).
Kekurangan Model ini:
  1. Guru lebih suka menanyakan fakta.
  2. Ingatan fakta lebih sulit diingat oleh pelajar.
  3. Pertanyaan ingatan biasanya mengukur pengertian-pengertian yang dangkal.
  4. Mengingat fakta belum tentu mengerti makna dari fakta atau dibalik fakta.
***

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

0 comments: