Model Pembelajaran Simulasi

Januari 14, 2013 0 Comments

Simulasi
Nhingz, BLOG—Pelopor dari model pembelajaran ini di antaranya adalah Sarene Boocock dan Harold Guetzkow. Menurut Pusat Bahasa Depdiknas (2005) simulasi  adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan (imakan) yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya; simulasi: penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan memakai model statistic atau pemeran. 
 Udin Syaefudin Sa’ud (2005: 129) simulasi adalah sebuah replikasi atau visualisasi dari perilaku sebuah sistem, misalnya sebuah perencanaan pendidikan, yang berjalan pada kurun waktu yang tertentu. Jadi dapat dikatakan bahwa simulasi itu adalah sebuah model yang berisi seperangkat variabel yang menampilkan ciri utama dari sistem kehidupan yang sebenarnya. Simulasi memungkinkan keputusan-keputusan yang menentukan bagaimana ciri-ciri utama itu bisa dimodifikasi secara nyata.
Kegiatan Pengajar
Langkah Pokok
Kegiatan Peserta didik
Ø  Sajikan berbagai topik
Ø  Jelaskan prinsip simulasi
Ø  Kemukakan prosedur umum
orientasi
v  Kenali topik
v  Pahami prinsip
v  Pahami prosedur
Ø  Susunan skenario
Ø  Atur para pemeran
Ø  Coba peran secara singkat
Latihan Peran
v  Pahami Skenario
v  Pilih satu peran
v  Latihan peran
Ø  Pantau proses simulasi
Ø  Kelola proses refleksi
Proses simulasi
v Lakukan kegiatan skenario
v Adakan diskusi umpan balik
v Jernihkan hal yang  tidak jelas
v Ulangi  Diskusi
Ø  Beri komentar
Ø  Kelola diskusi balikan
Pemantapan
v  Adakan diskusi balikan
v  Beri penguatan
v Sadari manfaatnya


Karakteristik Metode Simulasi
Sri Anitah, W. DKK (2007: 5.23) memaparkan tentang karakteristik  metode simulasi sebagai berikut:
  Banyak digunakan pada pembelajaran PKn, IPS, pendidikan agama dan pendidikan apresiasi,
  Pembinaan kemampuan bekerja sama, komunikasi, dan interaksi merupakan bagian dari keterampilan yang akan dihasilkan melalui pembelajaran simulasi,
  Metode ini menuntut lebih banyak aktivitas siswa,
  Dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis kontekstual, bahan pembelajaran dapat diangkat dari kehidupan sosial, nilai-nilai sosial, maupun masalah-masalah sosial.
Prosedur Penggunaan Metode Simulasi
Sri Anitah, W. DKK (2007: 5.23) prosedur yang harus ditempuh dalam penggunaan metode simulasi adalah:
}  Menetapkan topik simulasi yang diarahkan oleh guru,
}  Menetapkan kelompok dan topik-topik yang akan dibahas,
}  Simulasi diawali dengan petunjuk dari guru tentang prosedur, teknik, dan peran yang dimainkan,
}  Proses pengamatan pelaksanaan simulasi dapat dilakukan dengan diskusi,
}  Mengadakan kesimpulan dan saran dari hasil kegiatan simulasi.
Keunggulan Metode Simulasi
Sri Anitah, W. DKK (2007: 5.24) mengemukakan tentang keunggulan metode simulasi adalah:
  Siswa dapat melakukan interaksi sosial dan komunikasi dalam   kelompoknya,
  Aktivitas siswa cukup tinggi dalam pembelajaran sehingga terlibat langsung dalam   pembelajaran,
  Dapat membiasakan siswa untuk memahami permasalahan sosial (merupakan implementasi pembelajaran yang berbasis kontekstual),
  Dapat membina hubungan personal yang positif,
  Dapat membangkitkan imajinasi,
  Membina hubungan komunikatif dan bekerja sama dalam kelompok
Kelemahan Metode Simulasi
Sri Anitah, W. DKK (2007: 5.24) mengemukakan tentang kelemahan metode simulasi adalah:
  Relatif memerlukan waktu yang cukup banyak,
  Sangat bergantung pada aktivitas siswa,
  Cenderung memerlukan pemanfaatan sumber belajar,
  Banyak siswa yang kurang menyenangi sosiodrama sehingga  sosiodrama tidak efektif.
PENERAPANNYA:
Permainan simulasi dapat merangsang berbagai bentuk belajar, seperti belajar tentang persaingan (kompetisi), kerja sama, sistem sosial, konsep, keterampilan, kemampuan berpikir kritis, pengambilan keputusan dan lain-lain. Model ini banyak digunakan pada  pembelajaran PKn, IPS, dan pendidikan agama Dewasa ini, dengan semakin majunya teknologi komunikasi dan informasi, seperti komputer dan multimedia, telah banyak permainan simulasi dihasilkan untuk berbagai kebutuhan yang mencakup berbagai topik dari berbagai disiplin ilmu (mata pelajaran)
***

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya.

0 comments: