Praktek Lapangan IPBA at Mallawa

Desember 27, 2012 0 Comments

Nhingz, BLOG—Praktek lapangan yang terakhir yaitu di Mallawa. Mallawa merupakan daerah perbatasan antara Maros  dan Bone. Dibandingkan dengan praktek-praktek sebelumnya, Mallawa sangat jauh.  Untuk praktek kali ini kami akan melaksanakannya tiga hari berturut-turut. 

ミ★Hari Pertama★彡
Seperti biasanya ketika ingin pergi menginap, aku berangkat kekampus dengan Edha berjalan kaki, sampai dikampus kami langsung berkumpul untuk mendengarkan nasehat dari Ketua Jurusan Pendidikan Fisika yaitu Muh. Yusuf Hidayat. Kemudian sambil menunggu Bis yang akan mengantarkan kami Ke Mallawa kami take beberapa photo. *Take photo adalah hal yang utama… Ħèëé=D˚•‧::‧•‎​‎​‎​˚ћèé=D˚•‧::‧•‎​‎​‎​˚
Sebelum berangkat


Sebelum berangkat


Saat Mendengar Nasehat dari Ketua Jurusan


Lagi menunggu Bis
Kemudian Bis datang jam 9. 20 a.m. Bis yang digunakan untuk ke Mallawa ada tiga, so satu Bis untuk masing-masing setiap ruangan. Next kami naik Bis dan berangkat menuju Mallawa. Untuk sampai ketempat Mallawa kami melintasi beberapa tempat wisata dan melihat pemandangan yang bagus disitu. Oh ya berhubung kami start hari jum’at kami singgah dibeberapa tempat, tempat pertama di Masjid Raya Camba yaitu untuk menunaikan Sholat Jum’at  dan tempat kedua di Kafe pinggir jalan menuju Bone untuk singgah makan siang. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kami, hingga jam 15.00 p.m akhirnya nyampe.
Di atas BIS
Buss

Bisss

Tempat penginapan yang kami tempati yaitu dirumahnya Kepala Desa. Rumahnya lumayan besar berlantai 2 dan cukuplah menampung kami tiga ruangan yang berjumlah sekitar seratusan lebih. Sesampai disitu kamipun istrahat sejenak, kemudian seperti praktek sebelum-sebelumnya setiap adzan berkumandang kami langsung menunaikan sholat.

Next- Jam 17.00 p.m kami berkumpul untuk menerima materi tentang Shotting, kemudian langsung mempraktekkannya dilapangan hingga adzan magrib tiba praktekpun selesai. Setelah itu menunaikan sholat magrib dilanjutkan dengan sholat Isya.
Jam 21.00 p.m, kami menerima beberapa materi lagi. Materi yang merupakan lanjutan dari materi pertama tadi yaitu tentang Plotting. Kemudian kami langsung dibagikan based map yang supaya materi Plotting langsung di praktekkan. Next- untuk materi kedua tentang Bebatuan dan SAMPLING. Teknik sampling ada tiga yaitu Road travers, River travers, dan Compas travers. Tujuan dari teori ini yaitu untuk melihat secara jelas Bebatuan terbentuk.  Setelah mendengar penjelasan tentang itu, jam 23.00 p.m kami langsung istrahat. Oh ya waktu itu aku lagi flu yah, sehingga nggak konsentrasi dalam menerima materi.
ミ★Hari Kedua★彡
Jam 4.00 a.m aku dibangunkan oleh salah satu dari temanku namanya Indhy, dia menyarankanku agar segera mandi. Karena sebentar kalau udah pagi banyak yang ngantri. Oh ya Wc di rumahnya Kepala ada 5, untuk lantai 1 ada 3 untuk laki-laki dan untuk lantai 2 ada 2 untuk perempuan. Anak Pendidikan Fisika UIN alumniku (2010) lebih banyak perempuannya. So_ harus sabar untuk mengantri.
Akupun bangun dan bergegas untuk mandi. Uupzz, agak lama bergerak sehingga ada yang masuk duluan. Hmmm_ terpaksa deh mengantri, tapi nggak papa sih, soalnya belum terlalu banyak orang yang bangun. Akhirnya dia keluar dan akupun segera mandi.
Selesai mandi kebetulan adzan sholat subuh tiba, akupun langsung melaksanakan sholat subuh. Kemudian kembali bergabung dengan teman yang lainnya. 
Sebelum Berkumpul
Sekitar jam 06.00 am, kami kembali berkumpul untuk mendengar penjelasan tambahan mengenai sampling dan teori bebatuan, cause sekitar jam 7 am nanti kami akan langsung mempraktekkan teori itu. Yupzz_ tepat jam 7 kami berkumpul dijalan, praktek yang akan dilakukan pada teori sampling ini yaitu Road travers (Mengikuti arah jalan dan melihat bebatuan), River travers (menentukkan sudut dengan mengikuti aliran sungai dan juga melihat mengenai bebatuan) dan Compas travers (Menentukan sudut atau melakukan pengamatan yaitu shotting saat di river travers.
Road Travers

Menuju Permandian Air Panas

Waktu pengambilan Sampling River Travers


Sungai tempat kami mengambil sampling ini, lumayan jauh yah dari pemukiman warga, Letak sungai ini berada dibawah kaki gunung Samainre, sehingga kami harus melintasi beberapa tempat. Antara lain kolam sumber air panas, sawah yang ditanami kacang, menaiki beberapa bukit dll, yah very very tired. Dijalanpun kami sesuai dengan makna Road travers, dosen menjelaskan beberapa event yang dilihat diperjalanan itu, baik penjelasan mengenai teori bebatuan maupun event yang Nampak pada bukit dan gunung.
Sampai di sungai, kami istrahat sejenakkarena perjalanannya lumayan menggunakkan tenaga yang banyak. Next- mendengarkan penjelasan dari dosen mengenai bebatuan yang terdapat pada sungai itu, intinya yang dipaparkan disana ialah penjelasan mengenai apakah batu itu Insitu (asli dari sungai itu), batuan yang ambil harus segar dan tidak lapuk. Selain bebatuan yang diteliti disitu kami juga mengikuti aliran sungai dan terakhir masuk kedalam Goa…
Sekitar jam 09 am kembali kepenginapan untuk Breakfast and Break…. ^_^
Dan jam 11 am kembali menerima materi berkaitan dengan Mengukur Strike, Arah deep (menggunakan kompas geologi), dan mengukur kemiringan lereng (menggunakan Klinometer). Setelah sholat dzuhur teori itu segera dipraktekkan, kami berjalan mengikuti jalan raya dan kemudian sampai ditempat tujuan yaitu di pembentukkan batu bara. Disitu kami menggambil teori mengenai pengukuran terhadap strike, deep, dan kemiringan lereng. Next- Kembali kepenginapan.
Malam hari, kami kembali berkumpul. Yang biasanya kami hanya menerima materi. Sekarang sebaliknya, kami harus bisa memaparkan materi yang telah kami peroleh dari praktek langsung tadi siang. Tepatnya kami beberapa kelompok akan berdebat. Setelah itu, kami disuruh untuk belajar karena besok akan diadakan ujian praktek dan ujian tulis.
ミ★Hari Ketiga★彡
Seperti hari sebelumnya harus bangun pagi, supaya nggak antri untuk mandi. Setelah menjalankan sholat sholat subuh kami belajar, ada yang belajar sendiri dan ada yang belajar kelompok.
Tepat jam 7.00 am, kami turun dari peginapan dan segera bersiap-siap untuk melakukkaan ujian praktek. Oh ya untuk ujian praktek ini bukan dosen yang menanganinya, tapi asisten. Asisten saat itu ada tiga yaitu Kak Suhardiman, Kak Syihab dan Kak Ummi. Tepat giliranku aku di uji oleh Kak Syihab, dia menanyakan tentang Pengukuran dengan menggunakkan Klinometer pada kemiringan lereng, Alhamdulillah bisa terjawab dan terpraktekkan meskipun agak gugup… Hmm,, biasa kalau lagi ujian pasti gugup. Hehehe

Selesai ujian praktek, kami semua kembali kepenginapan untuk breakfast, kemudian bersiap-siap untuk ke Masjid. Karena di Masjid akan di adakan Ujian tertulis. Saat Ujian aku dan beberapa teman terlambat karena sebelumnya aku harus nguci piring, sehingga penulisan soalnya dimulai dari nomor 3…
Lagi menulis Soal


Saat menjawab soal
Next_ kami segera menyelasaikkan soal itu. Dan jam 9 am mobil yang akan menjemput kami tiba, kamipun segera bersiap-siap untuk pulang ke Makassar. 

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

0 comments: