Model learning start with a question
Nhingz,
BLOG—Model
learning start with a question adalah suatu strategi pembelajaran
aktif dalam bertanya. Mel Silbermen dalam bukunya Active Learning
mengemukakan bahwa proses mempelajari sesuatu yang baru adalah lebih efektif
jika peserta didik tersebut aktif mencari pola dari pada menerima saja (terus
bertanya dari pada hanya menerima apa yang disampaikan oleh pengajar). Satu
cara menciptakan pola belajar aktif ini adalah merangsang peserta didik untuk bertanya
tentang mata pelajaran mereka tanpa penjelasan dari pengajar terlebih dahulu.
Strategi sederhana ini merangsang siswa untuk bertanya, kunci belajar
(Silbermen, 2007:144).
Keterampilan
bertanya dapat diartikan kemampuan mengungkapkan pertanyaan, baik lisan maupun
tulisan. Dalam tulisan ini, keterampilan bertanya dibatasi pada kemampuan
mengungkapkan pertanyaan secara lisan yang dilakukan oleh guru pada suasana
pembelajaran dikelas. Pertanyaan yang digunakan untuk mengungkapkan pertanyaan
dapat menggunakan kata tanya maupun kata perintah.
Langkah-langkah
strategi Learning starts with a question (Kuliah dimulai dengan pertanyaan
adalah:
1. Pilih
bahan bacaan yang sesuai kemudian bagikan ke mahasiswa. Dalam hal ini bacaan
tidak harus difotokopi kemudian dibagi kemhasiswa, akan tetapi dapat dilakukan
dengan memilih satu topic atau bab tertentu di buku teks. Usahakan bacaan itu bacaan
yang memuat informasi umum atau yang tidak detail, bacaan yang member peluang
untuk ditafsirkan dengan berbeda-beda.
2. Minta
mahsiswa untuk mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman.
3. Minta
mahsiswa untuk member tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami . anjurkan
mereka untuk member tanda sebanyak mugkin. Jika waktu yang memungkinkan,
gabungkan pasangan belajar enga pasangan yang lain, kemudian minta mereka utuk
membahas point-point yang tidak diketahui yang telah di beri tanda.
4. Di
dalam pasangan atau kelompok kecil minta mahasiswa untuk menuliskan pertanyaan
tentang materi yang telah mereka baca.
5. Kumpulkan
pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis oleh mahasiswa.
6. Sampaikan
perkuliahan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Kelebihan
dan kelemahannya sebagai berikut:
Kelebihan:
- Siswa
menjadi siap memulai pelajaran, karena siswa belajar terlebih dahulu
sehingga memiliki sedikit gambaran dan menjadi lebih paham setelah
mendapat tambahan penjelasan dari guru.
- Siswa
menjadi aktif bertanya.
- Materi
dapat diingat lebih lama.
- Kecerdasan
siswa diasah pada saat siswa belajar untuk mengajukan pertanyaan.
- Mendorong
tumbuhnya keberanian mengutarakan pendapat secara terbuka dan memperluas
wawasan melalui bertukar pendapat secara kelompok.
- Siswa
belajar memecahkan masalah sendiri secara berkelompok dan saling
bekerjasama antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai.
- Dapat
mengetahui mana siswa yang belajar dan yang tidak belajar.
Kelemahan:
- Membutuhkan
waktu panjang jika banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa.
- Jika
guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab, pertanyaan
atau jawaban bisa melantur jika siswa tersebut tidak belajar atau tidak
menguasai materi.
- Apatis
bagi siswa yang tidak terbiasa berbicara dalam forum atau siswa yang
pasif.
- Mensyaratkan
siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topic atau masalah yang
didiskusikan.
***
3 comments:
Boleh minta daftar pustakanya gak?
kunjungi blog saya yah, tq :)
mbg mintak judul buku y donk
Posting Komentar