Model learning start with a question

Januari 03, 2013 3 Comments


Nhingz, BLOG—Model learning start with a question adalah suatu strategi pembelajaran aktif dalam bertanya. Mel Silbermen dalam bukunya Active Learning mengemukakan bahwa proses mempelajari sesuatu yang baru adalah lebih efektif jika peserta didik tersebut aktif mencari pola dari pada menerima saja (terus bertanya dari pada hanya menerima apa yang disampaikan oleh pengajar). Satu cara menciptakan pola belajar aktif ini adalah merangsang peserta didik untuk bertanya tentang mata pelajaran mereka tanpa penjelasan dari pengajar terlebih dahulu. Strategi sederhana ini merangsang siswa untuk bertanya, kunci belajar (Silbermen, 2007:144).
Keterampilan bertanya dapat diartikan kemampuan mengungkapkan pertanyaan, baik lisan maupun tulisan. Dalam tulisan ini, keterampilan bertanya dibatasi pada kemampuan mengungkapkan pertanyaan secara lisan yang dilakukan oleh guru pada suasana pembelajaran dikelas. Pertanyaan yang digunakan untuk mengungkapkan pertanyaan dapat menggunakan kata tanya maupun kata perintah.
Langkah-langkah strategi Learning starts with a question (Kuliah dimulai dengan pertanyaan adalah:
1.      Pilih bahan bacaan yang sesuai kemudian bagikan ke mahasiswa. Dalam hal ini bacaan tidak harus difotokopi kemudian dibagi kemhasiswa, akan tetapi dapat dilakukan dengan memilih satu topic atau bab tertentu di buku teks. Usahakan bacaan itu bacaan yang memuat informasi umum atau yang tidak detail, bacaan yang member peluang untuk ditafsirkan dengan berbeda-beda.
2.      Minta mahsiswa untuk mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman.
3.      Minta mahsiswa untuk member tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami . anjurkan mereka untuk member tanda sebanyak mugkin. Jika waktu yang memungkinkan, gabungkan pasangan belajar enga pasangan yang lain, kemudian minta mereka utuk membahas point-point yang tidak diketahui yang telah di beri tanda.
4.      Di dalam pasangan atau kelompok kecil minta mahasiswa untuk menuliskan pertanyaan tentang materi yang telah mereka baca.
5.      Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis oleh mahasiswa.
6.      Sampaikan perkuliahan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Kelebihan dan kelemahannya sebagai berikut:
Kelebihan:
  1. Siswa menjadi siap memulai pelajaran, karena siswa belajar terlebih dahulu sehingga memiliki sedikit gambaran dan menjadi lebih paham setelah mendapat tambahan penjelasan dari guru.
  2. Siswa menjadi aktif bertanya.
  3. Materi dapat diingat lebih lama.
  4. Kecerdasan siswa diasah pada saat siswa belajar untuk mengajukan pertanyaan.
  5. Mendorong tumbuhnya keberanian mengutarakan pendapat secara terbuka dan memperluas wawasan melalui bertukar pendapat secara kelompok.
  6. Siswa belajar memecahkan masalah sendiri secara berkelompok dan saling bekerjasama antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai.
  7. Dapat mengetahui mana siswa yang belajar dan yang tidak belajar.
Kelemahan:
  1. Membutuhkan waktu panjang jika banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa.
  2. Jika guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab, pertanyaan atau jawaban bisa melantur jika siswa tersebut tidak belajar atau tidak menguasai materi.
  3. Apatis bagi siswa yang tidak terbiasa berbicara dalam forum atau siswa yang pasif.
  4. Mensyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topic atau masalah yang didiskusikan.
                                                                              ***


Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

3 comments:

Unknown mengatakan...

Boleh minta daftar pustakanya gak?

Unknown mengatakan...

kunjungi blog saya yah, tq :)

Unknown mengatakan...

mbg mintak judul buku y donk