Model Pencapaian Konsep

Januari 06, 2013 0 Comments

Nhingz, BLOG--Pembelajaran model pencapaian konsep adalah suatu strategi mengajar bersifat induktif didefinisikan untuk membantu siswa dari semua usia dalam memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep yang dipelajari dari melatih menguji hipotesis. Model tersebut pertama kali diciptakan oleh Joyce dan Weil (dalam Gunter, Este, dan Schwab, 1990: 1972) yang berpijak pada karya Bruner, Goodnow, dan Austin. 
Pencapaian Konsep
Model pencapaian konsep menurut pendapat para ahli:
* Bruner, Goodnow, dan Austin (dalam Suherman 1992 ; 35) menyatakan :
“model pencapaian konsep sengaja dirancang untuk membantu para siswa mempelajari konsep-konsep yang dapat dipakai untuk mengorganisasikan informasi, sehingga dapat memberi kemudahan bagi siswa untuk mempelajari konsep itu dengan cara yang lebih efektif”.
*kauchak dan Eggen (1996 ; 104) menyatakan :
“Model pencapaian konsep adalah suatu strategi pembelajaran induktif yang didesain untuk membantu siswa pada semua usia dalam mempelajari konsep dan melatih pengujian hipotesis”.
*Suherman dan Saripuddin (1992 ; 35) menyatakan :
“Salah satu keunggulan model pencapaian konsep adalah meningkatkan kemampuan untuk belajar dengan cara lebih mudah dan lebih efektif”
Pembelajaran model pencapaian konsep terdiri dari empat langkah antara lain :
ž  Penyajian contoh
ž  Analisis hipotesis
ž  Fase penutup
ž  Aplikasi atau penerapan
Model pencapaian konsep merupakan salah satu model pembelajaran kelompok pengolahan informasi. Model pencapaian konsep adalah model pembelajaran yang dirancang untuk menata atau menyusun data sehingga konsep-konsep penting dapat dipelajari secara tepat dan efisien. Model pencapaian konsep bermanfaat untuk memberikan pengalaman metode sains kepada para siswa dan secara khusus menguji hipotesis. Model ini memiliki pandangan bahwa para siswa tidak hanya dituntut mampu membentuk konsep melalui proses pengklasifikasian data akan tetapi mereka juga harus dapat membentuk susunan suatu konsep dengan kemampuannya sendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Model Pencapaian Konsep:
Kelebihannya:
v  Salah satu keunggulan dari model pencapaian konsep ini ialah meningkatkan kemampuan untuk belajar dengan cara yang lebih mudah dan efektif dimasa depan.
v  Lebih mengaktifkan keterlibatan mental, sehingga konsep yang diperoleh siswa lebih lama dapat diingat dan akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kekurangannya:
v  Dibutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama untuk pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran.
v  Bila jumlah siswa dalam satu kelas sangat besar, maka pengajar akan kesulitan dalam membimbing siswa yang membutuhkan bimbingan.
***

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

0 comments: