Model Clasroom Meeting

Januari 06, 2013 0 Comments

Nhingz, BLOG--Model pertemuan kelas adalah model pembejaran yang terjadi didalam kelas yang melibatkan pendidik dan peserta didik didalamnya yang bekerja sama untuk menciptakan suasana belajar yang hangat dan damai didalamnya demi terciptanya pembelajaran yang optimal.
Pertemuan kelas merupakan mekanisme William Glasser untuk mengembangkan kelompok yang dapat menumbuhkan suasana memelihara,disiplin diri sendiri, dan kesepakatan  berperilaku.(Dahlan 1984:108). 
Classroom Meeting
Model pertemuan kelas ini guru dituntut untuk bersikap hangat, sabar kepada peserta didik, terampil dalam mengelola hubungan interpersonal dan berkepribadian yang baik demi terciptanya suasana kelas yang baik. Keterlibtan pendidik dengan penuh kehangatan dan bersifat pribadi yang memungkinkan para siswa berperilaku raalistik.
Model pertemuan (diskusi) kelas terdiri atas enam tahap, yaitu :
1. menciptakan  iklim yang mengundang keterlibatan
2. menyampaikan permasalahan diskusi
3. Mengembangkan pertimbangan nilai personal
4  mengidentifikasi alternatif tindakan
5. Merumuskan kesepakatan
6.merencanakan tindak lanjut prilaku
Disini akan dijelaskan contoh dari penerapan model pembelajaran pertemuan kelas.
Dalam penerapannya penulis mengambil contoh pada mata pelajaran Fisika SMA  kelas X semester I dengan materi Tata Surya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah  Ceramah, diskusi kelompok, Tanya jawab.
1. Tahap I Menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan , yang mencakup:     
a. Guru
q  Menyapa siswa dengan keramahan
q  Memperkenalkan diri dan meminta siswa untuk memperkenalkan diri sambil mengisi daftar kehadiran
q  Menanyakan kepada siswa apa itu tata surya.
q  Kemudian menjelaskan apa itu tata surya
q  Menyuruh siswa untuk membaca buku pelajaran fisika.
            b. Siswa
q  Memperkenalkan diri kepada guru
q  Menjawab pertanyaan guru tentang pengertian  tata surya
q  Siswa membaca beberapa kalimat secara bergiliran dan bergantian.
Dengan alokasi waktu 10 menit
2. Tahap II Menyajikan  masalah untuk diskusi yang mencakup:
             a. guru
q  Kemudian menanyakan kepada siswa apa ada masalah tentang tata surya  tersebut
q Menanyakan kepada  siswa tentang inti pokok pada materi tata surya tersebut
q Guru membuat  kelompok diskusi secara acak
            b. Siswa
q  Siswa menanyakan apabila terdapat masalah
q  Siswa menjelaskan  inti  pokok  materi yang dibacakan
q  Siswa membuat kelompok
                        Dengan alokasi waktu 15 menit.
3. Tahap III Mengembangkan pertimbangan nilai personal yang mencakup:
            a.  Guru
q  Memberikan materi tata surya yang akan didiskusikan oleh masing-masing kelompok dari buku paket fisika  tentang  tata surya dan inti pokoknya .
q  Berkeliling melihat  partisipasi siswa sambil  menayakan kepada siswa  ada kesulitan atau tidak.
b. siswa          
q  Melakukan diskusi membahas tentang tata surya yang ditugaskan.   
Dengan alokasi wakru 30 menit.
4. Tahap IV Mengidentifikasi alternatif tindakan yang mencakup:
            a. Guru
q  jika kelompok ada kesulitan membantu mengarahkannya.
q  Melihat siswa yang aktif  dan yang tidak aktif dalam  diskusi kelompok.
q  Jika ada siswa yang tidak aktif didekati supaya focus  pada diskusi.
b. Siswa Siswa aktif  dalam kegiatan diskusi
Dengan alokasi waktu 25 menit.
5. Tahap V Merumuskan  kesepakatan yang mencakup
            a. Guru
q  Menyuruh kelompok untuk maju kedepan dan kemudian membacakan hasil diskusi kelompok.
q  Meluruskan jawaban dari masing-masing kelompok jika ada yang kurang benar.
q  Kemudian menyimpulkan  hasil diskusi perkelompok.
q  Mempersilahkan siswa  untuk bertanya jika ada yang ingin ditanyakan tentang materi tata surya.
b. siswa
q  Semua kelompok siswa maju kedepan secara bergantian kemudian perwakilan membacakannya
q   Mencatat hasil kesimpulan perkelompok
q   Siswa menayakan jika kurang mengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan tentang  tata surya.
            dengan alokasi waktu 10 menit.
6. Tahap VI Tindak lanjut perilaku yang mencakup:
            a. Guru
q  Guru memberikan PR untuk minggu depan tentang berita mencari dari koran atau majalah kemudian
q  Guru mengakhiri pertemuan dan mengucapkan salam dan terima kasih.
b. Siswa mengerjakan PR .
                        Dengan alokasi waktu  10 menit.
Kelebihan dan Kekurangan Model pembelajaran Classroom Meeting:
1. Kelebihan
a.    Dapat mengetahui karakteristik masing-masing siswa.
b.   Dapat membuat siswa senang karena bisa berkumpul dengan teman-teman yang belum dan yang sudah mereka kenal.
c.    Siswa dapat menanyakan secara langsung jika ada yang tidak dimengerti kepada guru.
d.   Dapat memecahkan masalah secara langsung
2.  Kekurangan
a.       Membutuhkan tenaga yang lebih banyak.
b.      Terkadang ada ketidak cocokan antara siswa dan guru.
c.       Terkadang terjadi perselisihan antara siswa dengan siswa
d.      Tidak ada guru maka proses belajar dan mengajar tidak bisa terlaksana.
e.       Harus menentukan waktu dan tempat untuk proses belajar mengajar
***



Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya.

0 comments: