Model Pembelajaran Kooperatif

Januari 11, 2013 0 Comments

Kooperatif
Nhingz, BLOG—Beberapa pengertian Model pembelajaran Kooperatif menurut para ahli berikut:
Ø  Menurut Muslimin dkk (2000), pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama antarsiswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ø  Menurut Wina (2006), model pembelajaran kelompok adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan.
Ø  Menurut Anita dalam Cooperative Learning (2007), model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok serta di dalamnya menekankan kerjasama.
Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif
Adalah hasil belajar akademik siswa meningkat dan siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya serta mengembangkan keterampilan sosial.
Konsep Pembelajaran Kooperatif
ü  Pembelajaran kooperatif menciptakan interaksi yang asah, asih dan asuh, sehingga tercipta masyarakat belajar.
ü  Siswa tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari sesama siswa.
Sintaks Model Pembelajaran kooperatif
  1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
  2. Menyajikan informasi.
  1. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
  2. Membimbing kelompok belajar.
  3. Evaluasi.
  4. Memberikan penghargaan
Kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif
  1. Dapat melibatkan siswa secara aktif dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilannya dalam suasana belajar mengajar yang bersifat terbuka dan demokratis. 
  2. Dapat mengembangkan aktualisasi berbagai potensi diri yang telah dimiliki oleh siswa. 
  3. Dapat mengembangkan dan melatih berbagai sikap, nilai, dan keterampilan-keterampilan sosial untuk diterapkan dalam kehidupan di masyarakat. 
  4. siswa tidak hanya sebagai obyek belajar melainkan juga sebagai subyek belajar karena siswa dapat menjadi tutor sebaya bagi siswa lainnya. 
  5. siswa dilatih untuk bekerjasama, karena bukan materi saja yang dipelajari tetapi juga tuntutan untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal bagi kesuksesan kelompoknya. 
  6. Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar memperoleh dan memahami pengetahuan yang dibutuhkan secara langsung, sehingga apa yang dipelajarinya lebih bermakna bagi dirinya.
Kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif
  1. pemborosan waktu
  2. siswa tidak dapat bekerjasama dengan teman secara efektif dalam kelompok
  3. siswa yang rajin dan pandai merasa pembagian tugas dan penilaiannya tidak adil.
  4. siswa yang kurang pandai dan kurang rajin akan merasa minder bekerjasama dengan teman-temannya yang lebih mampu
  5. terjadi situasi kelas yang gaduh.
  6. Bisa menjadi tempat mengobrol atau gosip. 
  7. Sering terjadi debat sepele di dalam kelompok,
  8. bisa terjadi kesalahan kelompok.
***

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

0 comments: