Model Pembelajaran Kooperatif
| Kooperatif | 
Ø  Menurut
Muslimin dkk (2000), pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pembelajaran
yang mengutamakan adanya kerjasama antarsiswa dalam kelompok untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
Ø  Menurut
Wina (2006), model pembelajaran
kelompok adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh
siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan yang telah
dirumuskan.
Ø  Menurut
Anita dalam Cooperative Learning (2007), model pembelajaran kooperatif
merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok
serta di dalamnya menekankan kerjasama. 
Adalah hasil belajar akademik siswa meningkat dan
siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya serta mengembangkan keterampilan sosial.
Konsep Pembelajaran Kooperatif 
ü  Pembelajaran
kooperatif menciptakan interaksi yang asah, asih dan asuh, sehingga tercipta
masyarakat belajar.
ü  Siswa
tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari sesama siswa.
Sintaks Model Pembelajaran kooperatif
- Menyampaikan
     tujuan dan memotivasi siswa. 
- Menyajikan
     informasi. 
- Mengorganisasikan
     siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar. 
- Membimbing
     kelompok belajar.
- Evaluasi.
     
- Memberikan
     penghargaan 
Kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif
- Dapat
     melibatkan siswa secara aktif dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan
     keterampilannya dalam suasana belajar mengajar yang bersifat terbuka dan
     demokratis. 
- Dapat
     mengembangkan aktualisasi berbagai potensi diri yang telah dimiliki oleh
     siswa. 
- Dapat
     mengembangkan dan melatih berbagai sikap, nilai, dan
     keterampilan-keterampilan sosial untuk diterapkan dalam kehidupan di
     masyarakat. 
- siswa
     tidak hanya sebagai obyek belajar melainkan juga sebagai subyek belajar
     karena siswa dapat menjadi tutor sebaya bagi siswa lainnya. 
- siswa
     dilatih untuk bekerjasama, karena bukan materi saja yang dipelajari tetapi
     juga tuntutan untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal bagi
     kesuksesan kelompoknya. 
- Memberi
     kesempatan kepada siswa untuk belajar memperoleh dan memahami pengetahuan
     yang dibutuhkan secara langsung, sehingga apa yang dipelajarinya lebih
     bermakna bagi dirinya. 
Kekurangan Model Pembelajaran
Kooperatif
- pemborosan
     waktu 
- siswa
     tidak dapat bekerjasama dengan teman secara efektif dalam kelompok 
- siswa yang rajin dan pandai merasa pembagian tugas
     dan penilaiannya tidak adil.
- siswa
     yang kurang pandai dan kurang rajin akan merasa minder bekerjasama dengan
     teman-temannya yang lebih mampu 
- terjadi
     situasi kelas yang gaduh.
- Bisa
     menjadi tempat mengobrol atau gosip.  
- Sering
     terjadi debat sepele di dalam kelompok, 
- bisa
     terjadi kesalahan kelompok.
***

0 comments:
Posting Komentar