Model Pembelajaran Assertive Training

Desember 12, 2012 0 Comments

Nhing, BLOG--Model assertive training dicetuskan oleh Walker pada tahun 1996. Assertive training atau latihan assertive merupakan latihan keterampilan sosial yang diberikan kepada individu yang digangguKecemasan, tidak dapat mempertahankan hak-haknya, terlalu lemah, membiarkan orang lain merongrong dirinya,  tidak mampu Mengekspresikan kemarahannya dengan benar dan cepat tersinggung
Menurut  Walker ada empat kategori yang dikelompokkan  dalam perilaku assertive
  1. Berani berkata “tidak”
  2. Mengekspresikan perasaan suka dan tidak suka
  3. Mengajukan suatu pertanyaan dan keinginan
  4. Kemampuan untuk berinisiasi dengan memulai percakapan, menyambung dan menghentikan percakapan
Prosedure dasar dalam asertive training :
a.       Mengajarkan perbedaan antara asertif, agresif, non agresif dan sopan.
b.      Membantu individu mengidentifikasi dan menerima hak-hak pribadi dirinya dan orang lain.
c.       Mengurangi hambatan kognitif dan afektif yang menghambat aktualisasi sikap asertif
d.      Mengembangkan ketrampilan perilaku asertif secara langsung melalui praktek-praktek di dalam pelatihan.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan assertive training
a. Melatih individu yang tidak dapat menyatakan kemarahan dan kejengkelan
b. Melatih individu yang mempunyai kesulitan untuk berkata tidak dan yang membiarkan orang lain memanfaatkannya
c. Melatih individu yang merasa bahwa dirinya tidak memiliki hak untuk menyatakan pikiran, kepercayaan, dan perasaan-perasaannya
d. Melatih individu yang sulit mengungkapkan rasa kasih dan respon-repon positif yang lain
Kelemahan assertive training
  1. Perasaan takut menyakiti
  2. Takut jika akhirnya dirinya tidak lagi disukai atau diterima
***




Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya.

0 comments: