Laboratorium Training
Nhingz BLOG ~ Model pembelajaran laboratoriun training (pelatihan laboratoriun) pertama kali dikembangkan oleh:
Joice dan Weil
Menurut Joice and Weil
(1986) metode laboratory training
memiliki dua prinsip utama yaitu:
1. kerja kelompok; dan
2.
Menekankan pengembangan empat area kepribadian
Empat
area penekanan keperibadian tersebut adalah:
(l) Intrapersonal
adalah komunikasi yang terjadi di dalam diri suatu individu atau dengan kata
lain proses komunikasi dengan diri sendiri. Terjadi proses komunikasi disini
karena adanya seseorang yang memberi arti terhadap
suatu objek yang diamatinya atau terbetik dalam pikirannya.
(2) Interpersonal
(Antar Pribadi) adalah kemampuan untuk mendengarkan dan mengerti orang lain.
(3) Dinamisasi
kelompok; dan
(4) SELF
direction.
Menurut
Joice and Weil (1986) metode laboratory training memiliki empat prosedur yaitu:
(l) Grouping;
(2) Theory session ,
(3) Focused exercises, dan
(4) Experimentation with real
life problem
Kelebihan dan Kelemahan metode
laboratorium adalah sebagai berikut:
Kelebihan
(1)
Peserta didik dapat berganti situasi baru.
(2)
Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
(3) Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia.
(3) Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia.
Kekurangan
(1) Peserta didik yang kurang suka dengan belajar model ini merasa kurang mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan,
(2) Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan,
(3) Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium.
(1) Peserta didik yang kurang suka dengan belajar model ini merasa kurang mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan,
(2) Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan,
(3) Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium.
0 comments:
Posting Komentar