[Solusi Islam] tentang Perselingkuhan dan Pembunuhan

September 29, 2013 , , 0 Comments

Nhingz, BLOG--Akhir-akhir banyak sekali kejadian yang sangat memprihantinkan terkait dengan aktifitas masyarak indonesia yang merupakan warga negara mayoritasnya muslim. Salah satunya ialah berikut:
FAKTA
Jum’at, 27/9/2013- Mis(41) warga Desa Gunelap, Jawa Timur, tega menghabisi anak kandungnya yang baru berusia 7 jam. Bayi itu disebutkan hasil hubungan gelap dengan lelaki berinisial SH, tetangga Mis. Suami Mis. Sementara suaminya Mis sudah dua tahun bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.
Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polres Bangkalan Inspektur Satu Imron Rosyad mengatakan, pelaku saat dimintai keterangan mengaku bayi malang tersebut tewas karena dia menginjaknya di rumah. Perbuatan itu dilakukan karena takut suami mengetahui bayi itu. Kejadian tersebut terungkap karena adanya laporan dari kakak kandung pelaku, Fah (45).
Fah tidak tahu kalau adik kandungnya hamil dan melahirkan. Waktu itu, Fah bersama istrinya mendatangi rumah adiknya hendak bersilaturahim. Tanpa menaruh curiga, Fah duduk-duduk di emperan rumah bersama istrinya.
Pelaku yang menemui kakak kandungnya tiba-tiba masuk ke kamar. Beberapa saat kemudian, terdengar suara bayi menangis keras. Karena terkejut dengan suara bayi itu, Fah bersama istrinya kemudian masuk ke kamar pelaku. Pelaku diketahui berada di balik meja dan menginjak seorang bayi. Karena perbuatannya diketahui Fah, pelaku kemudian melarikan diri.
Istri Fah kemudian menyelamatkan bayi itu. Namun beberapa saat setelah kejadian tersebut, bayi malang itu meninggal. Pelaku ditangkap oleh warga tidak jauh dari rumahnya dan diserahkan ke polisi. Sementara itu, jasad bayinya langsung dikuburkan.
Atas perbuatan itu, pelaku ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan di Mapolres Bangkalan. Tersangka terancam hukuman penjara minimal 15 tahun dan maksimal seumur hidup berdasarkan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Polisi saat ini berusaha mengorek keterangan dari pasangan selingkuh tersangka.
Selain kasus tersebut, masih banyak kasus yang sama terjadi atau lebih itu. Menurut Komnas Perlindungan Anak, dari Januari-Juni 2013, terdapat 1.034 kasus kekerasan terhadap anak. Dan juga terdapat 535 berupa kasus kekerasan seksual
PENYEBAB PERSELINGKUHAN
1. Masalah internal.
Emotional divorce (keterpecahan emosi), yang banyak dialami oleh suami-istri, membuat hubungan cinta kasih akhirnya padam dan menjadi dingin. Meskipun secara fisik pasangan suami-istri masih tinggal serumah, secara emosional terdapat jarak yang membentang. Dengan pudarnya cinta dan kasih sayang, semakin longgarlah ikatan dan komunikasi di antara pasangan yang bisa mendorong salah satu atau keduanya mencari seseorang yang dapat memenuhi kebutuhannya. Apalagi jika kemudian masing-masing pasangan tidak memiliki pemahaman tentang bagaimana seharusnya menjalani kehidupan berumah tangga dan mengatasi persoalan yang muncul menurut ajaran Islam.

2. Masalah eksternal.
Dalam pandangan kapitalisme hubungan pria dan wanita merupakan pandangan yang bersifat seksual semata, bukan pandangan untuk melestarikan keturunan manusia. Kita bisa memahami, mengapa banyak komunitas masyarakat selalu menciptakan pikiran-pikiran yang mengundang hasrat seksual (fantasi-fantasi seksual), baik dalam cerita-cerita, lagu-lagu, maupun berbagai karya mereka lainnya. Belum lagi kebiasaan gaya hidup campur-baur antara pria dan wanita yang tidak semestinya di dalam maupun di luar rumah. Semua ini muncul karena mereka menganggap tindakan-tindakan semacam itu merupakan hal yang lazim dan penting sebagai bagian dari sistem dan gaya hidup mereka.

SOLUSI ISLAM
Kiat Menghindari Perselingkuhan Secara Islam
a.    Menjalankan kehidupan rumah tangga secara islami untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah, (QS ar-Rum: 21); melanjutkan keturunan dan menghindarkan dosa; mempererat tali silaturahmi; sebagai sarana dakwah; dan menggapai Ridho.
b.    Atasi berbagai persoalan suami-istri dengan cara yang benar (islami) dan tidak melibatkan orang (lelaki atau perempuan) lain.
c.    Menjaga pergaulan dengan lawan jenis di tengah-tengah masyarakat.
d.    Poligami, Islam telah menjadikan poligami sebagai sesuatu perbuatan mubah (boleh), bukan sunnah, bukan pula wajib. Dasar kebolehan poligami tersebut, Allah Swt. telah menjelaskan dengan sangat gamblang tentang hal ini (Lihat: QS an-Nisa’ [4]: 3).
Hukuman bagi  pelaku
a.      Perselingkuhan
Perselingkuhan sama dengan perzinaan yang sangat jelas hukumnya haram. Dalam Islam seorang yang berselingkuh/berzina mendapatkan hukuman yang sangat berat. Jika belum menikah, pelakunya harus dicambuk 100 kali, dan untuk yang sudah menikah harus dirajam sampai mati. Hukuman yang berat ini akan menjadi pelajaran bagi pelakunya hingga menimbulkan jera sekaligus sebagai penebus dosa atas perbuatan yang dilakukan. Jika hukuman ini diterapkan, seseorang akan berpikir panjang sebelum melakukan perselingkuhan.

b.   Pembunuhan
Pelaku telah melakukan pembunuhan dengan sengaja. Hukumannya wajib qishosh, nantinya si pembunuh wajib dibunuh pula, kecuali bila dimaafkan oleh keluarga yang terbunuh dengan membayar diyat {denda} atau dimaafkan sama sekali.

Dasar Hukum Sanksi Pembunuhan Didalam AL-Quran

Surat AL-Baqarah :179
Artinya:”Dan dalam qishash itu ada {jaminan kelangsungan} hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertaqwa.”
 Surat An-Nisa’:93 
Artinya:”Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya adalah jahanam, kekal ia didalamnya dan Allah murka kepadanya dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.”

            Oleh karena itu, kita akan selalu jumpai dengan fakta-fakta yang tidak manusiawi seperti diatas jika kita masih menjalani kehidupan dengan sistem sekarang yaitu sistem kapitalisme dengan paham serba bebas (liberalisme) melakukan berbagai hal dalam aktifitas kehidupan. Artinya bahwa ketika kita ingin meninggalkannya, dan berupaya untuk menjalankan aktifitas kehidupan sesuai dengan syariat islam, dimana insyaAllah segala perintah, hukum, akan terealisasikan yaitu dengan tegak kembalinya “Khilafah Islamiyah”.
            

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

0 comments: