Welcome 2013

Desember 31, 2012 , 0 Comments

Nhingz, BLOG—Sahabat pembaca yang setia, hari ini adalah hari terakhir dari tahun 2012. Besok kita akan menjumpai tahun baru 2013. Aku berharap semoga masa-masa pahit yang pernah aku rasakan agar terlupakan, dan ditahun baru ini aku akan mulai dengan mengisi lembaran baru. 
Welcome 2013
Semua orang hanya mampu berusaha dan berharap, karena yang berkuasa dan menentukan segalanya adalah Dia. Dia Sang Pencipta, Pengatur segala aktifitas alam semesta beserta isinya.
Sebagaimana firmannya dalam QS. Al Baqarah: 164.
إِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَ الْأَرْضِ وَ اخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَ النَّهَارِ وَ الْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَ مَا أَنْزَلَ اللهُ مِنَ السَّمَاء مِنْ مَّاء فَأَحْيَى بِهِ الْأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَ بَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَآبَّةٍ وَ تَصْرِيْفِ الرِّيَاحِ وَ السَّحَابِ الْمُسَخِّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَ الْأَرْضِ  لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُوْنَ
    Sesungguhnya pada kejadian semua langit dan bumi dan perubahan malam dan siang d an kapal yang berlayar di lautan membawa barang yang bermanfaat bagi manusia, dan apa yang diturunkan Allah dari langit dari ada air, maka dihidupkanNya dengan (air) itu bumi, sesudah matinya , seraya disebarkanNya padanya dari tiap-tiap jenis binatang, dan peredaran angin, dan awan yang diperintah di antara langit dan bumi; adalah semua­nya itu tanda-tanda bagi kaum yang berakal.”
Sebagai hamba kita harus benar-benar mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjahi segala larangan-Nya. Karena pada intinya, kita ada di dunia ini yaitu dengan tiga pertanyaan, yaitu:
* Kamu dari mana?
* Hidup untuk apa?
* Dan akan kembali kemana?
Untuk menjawab pertanyaan ini, kita yang didasari oleh sebuah aqidah (keyakinan) dengan yakin akan menjawab, aku dari Sang Pencipta, hidup untuk beribadah kepada Sang Pencipta dan akan kembali kepada Sang Pencipta.
       1.      Dari Sang Pencipta 
      Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia yang pertama ada di muka bumi ini adalah Nabi Adam a.s. Silahkan baca bagaimana Penciptaan Nabi Adam a.s disini....
     2.      Hidup Untuk Sang Pencipta
Sebagaimana dalam QS. Al-dzariyat: 56.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan tidaklah aku ciptakkan manusia dan jin di muka bumi ini kecuali untuk beribadah Kepada-Ku (Allah SWT).
Surat Adz dzariyat ayat 56 mengandung makna bahwa semua makhluk Allah, termasuk jin dan manusia diciptakan oleh Allah SWT agar mereka mau mengabdikan diri, taat, tunduk, serta menyembah hanya kepada Allah SWT. Jadi selain fungsi manusia sebagai khalifah di muka bumi (fungsi horizontal), manusia juga mempunya fungsi sebagai hamba yaitu menyembah penciptanya (fungsi vertikal), dalam hal ini adalah menyembah Allah karena sesungguhnya Allah lah yang menciptakan semua alam semesta ini.
Manusia diciptakan oleh Allah SWT agar menyembah kepadanya. Kata menyembah sebagai terjemahan dari lafal ‘abida-ya’budu-‘ibadatun (taat, tunduk, patuh). Beribadah berarti menyadari dan mengaku bahwa manusia merupakan hamba Allah yang harus tunduk mengikuti kehendaknya, baik secara sukarela maupun terpaksa.
     3.      Akan kembali kepada Sang Pencipta
Manusia akan kembali kepada Sang Pencipta dengan mengalami proses kematian. mati adalah saat terpisahnya Ruh dari Jasad. Kita akan mengalami dua kali kematian dan dua kali hidup. Jasad hanya hidup jika ada Ruh, tanpa Ruh jasad akan mati dan musnah. Berarti yang mengalami kematian dan musnah hanyalah jasad sedangkan Ruh tidak akan pernah mengalami kematian.

Pada saat mati yang pertama, jasad belum ada namun Ruh sudah ada dan hidup dialam Ruh. Pada saat hidup yang pertama Ruh dimasukan kedalam jasad , sehingga jasad tersebut bisa hidup. Pada saat mati yang kedua, Ruh dikeluarkan dari jasad , sehingga jasad tersebut mati, namun Ruh tetap hidup dan disimpan dialam barzakh. Jasad yang telah ditinggalkan oleh Ruh akan mati dan musnah ditelan bumi. Pada saat hidup yang kedua, Allah menciptakan jasad yang baru dihari berbangkit, jasad yang baru itu akan hidup setelah Allah memasukan Ruh yang selama ini disimpan dialam barzak kedalam tubuh tersebut. Kehidupan yang kedua ini adalah kehidupan yang abadi, tidak ada lagi kematian atau perpisahan antara Ruh dengan jasad sesudah itu.

Kalau kita amati proses hidup dan mati diatas ternyata yang mengalami kematian dan musnah hanyalah jasad, sedangkan Ruh tidak pernah mengalami kematian dan musnah. Ruh tetap hidup selamanya, ia hanya berpindah pindah tempat, mulai dari alam Ruh, alam Dunia, alam Barzakh dan terakhir dialam Akhirat. Pada saat datang kematian pada seseorang yang sedang menjalani kehidupan didunia ini, maka yang mengalami kematian hanyalah jasadnya saja, sedangkan Ruhnya tetap hidup dialam barzakh. Allah mengingatkan hal tersebut dalam surat Al Baqarah ayat 154 :
“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu h idup, tetapi kamu tidak menyadarinya. (Al Baqarah 154)
Perjalanan panjang tanpa akhir
Kalau kita amati proses perjalan hidup dan mati seperti yang disebutkan diatas , maka yang mengalami kematian hanyalah jasad kita saja, sedangkan Ruh tidak pernah mengalami kematian. Sejak diciptakan pertama kali dan diambil kesaksiannya tentang ke Esaan Allah ketika dikumpulkan dialam Ruh sebagaimana disebutkan dalam surat Al A’raaf 172, mulailah Ruh menempuh perjalanan panjang yang tidak akan pernah berkahir.

Sifat Ruh sama seperti energy, dalam ilmu fisika kita mengenal teori kekekalan Energy. Teori kekalan Energy mengatakan bahwa Energy bersifat kekal, tidak bisa dimusnahkan, dihancurkan ataupun dilenyapkan. Ia hanya mengalami perubahan bentuk. Ruh memiliki sifat seperti Energy ini, ia tidak bisa dimusnahkan, dilenyapkan ataupun dihancurkan, ia kekal selamanya, ia hanya berubah bentuk mulai dialam Ruh, alam Dunia, alam Barzakh dan alam Akhirat kelak.
Kita bisa merasakan selama hidup didunia ini bahwa Ruh kita tidak pernah tidur atau beristirat. Kalau kita tidur pada malam hari, yang tidur adalah jasad atau jasmani kita sedang Ruh kita sendiri, pergi berjalan entah kemana. Ruh tidak bisa hancur, musnah dan lenyap namun ia bisa merasa lemah, sakit dan menderita. Ruh yang kurang mendapat perawatan akan menjadi lemah menderita dan sakit. Penyakit Ruh umumnya akan merembet pada penyakit fisik atau jasmani, penyakit ruh yang umum kita kenal antara lain, gelisah, kecewa, dengki, cemas, takut, sedih, tertekan dan stress berkepanjangan.

Ruh mengalami proses pendewasaan selama hidup didunia. Semua bekal yang dibawa untuk perjalanan hidup dialam barzakh dan akhirat didapat dari alam dunia. Namun sayang selama hidup didunia banyak orang yang tidak memperdulikan kebutuhan Ruhnya untuk menghadapi perjalan panjang yang tak akan pernah berakhir ini. Kebanyakan manusia hanya fokus pada masalah kehidupan dunia, dan tidak perduli dengan masalah kehidupan akhirat yang lebih dahsyat dibandingkan dengan kehidupan dunia.
***
Sudah jelas donk, yang di paparkan di atas. Oh yah bukannya aku tidak mensyukuri atas nikmat yang telah di berikan kepadaku, tapi saat sekarang aku lagi ada masalah dengan sahabatku. Sebenarnya bukan masalah yang serius sih, tapi berhubung saat kesalahapahaman terjadi, aku lagi sensitive banget (biasa lagi bulanan) sehingga aku nggak bisa kendalikan diriku dan masalah itupun masih berlangsung sampai sekarang belum terselesaikan. Hmmm_ pengen banget curhat, tapi sama siapa? Kalau sahabatku yang lainnya, jauh tempat kosnya capek jalan. So_ untuk tetap insomnia di kos.
Dulu saat aku punya masalah, aku selalu curhat sama Reza. Entah karena lagi punya masalah atau apa? Tiba-tiba aku b merindukannya. Apakah dia merasakan hal yang sama atw sebaliknya? Pikirku dalam hati. Aku akan tegar menanti, meski terkadang perasaan ini ragu terhadapnya. Tapi, aku akan selalu berharap bahwa kisah-kisah pahit yang terlewati agar musnah dengan sendirinya.
Apakah ini sebuah karma bagiku? Karena dulu, aku selalu menyakiti dia dan pernah membuat dia menangis. Soalnya dulu aku berpikir bahwa segala ucapan yang dia lontarkan itu hanya sebuah acting drama. Tapi nggak tahu juga sih kenapa ucapan-ucapan  itu membuatku seakan percaya bahwa dia telah jujur padaku.
Dan Entahlahhh…. Se kali lagi, untuk menuju tahun 2013 ini, aku benar-benar berharap agar semua masa pahit  terlupakan dan masalah yang sedang di hadapi sekarang agar cepat terselesaikan.
Welcome 2013

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

0 comments: