AWARENESS TRAINING (Pelatihan Kesadaran)
Nhingz, BLOG--Model AWARENESS TRAINING (Pelatihan Kesadaran) pencetusnya dan
dikembangkan oleh Milliam Schutz. Model ini merupakan suatu model pembelajaran
yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran manusia.
Wiliam Schutz menekankan
pentingnya pelatihan interpersonal sebagai sarana peningkatan kesadaran pribadi
(pemahaman individu).
Mengapa demikian…….?????
Mengapa demikian…….?????
Empat tipe perkembangan yang dibutuhkan untuk merealisasikan potensi
individu secara utuh :
a)
fungsi tubuh
b)
fungsi personal
c)
perkembangan interpersonal
d)
hubungan institusi-institusi sosial, organisasi
sosial, dan budaya masyarakat
Schutz ingin mengembangkan model pembelajaran untuk
memenuhi salah satu dari keempat tipe perkembangan tersebut, yaitu perkembangan
interpersonal.
Proses atau Penerapan Pembelajaran Pelatihan
Kesadaran
Prosedur pembelajaran pelatihan kesadaran hanya
meliputi dua tahap, yaitu:
Ø Menyampaikan tugas dan menyelesaikannya;
Ø Mendiskusikan atau menganalisis Tahap 1.
Fase
|
Kegiatan
|
Fase satu
Menyampaikan tugas.
Menyelesaikan tugas.
|
• Mengamati
aliran udara, membuat alat ukur kecepatan udara dan menggunakan alat ukur
yang dibuat untuk mengukur kecepatan aliran udara.
|
Fase dua.
Mendiskusikan
hasil pembuatan alat ukur.
Mengguankan
alat ukur untuk mengukur kecepatan aliran udara dan
|
• Menganalisis
fungsi alat dan dan kemampuan alat yang di buat dapat dapat di gunaka untuk
mengukur kecepatan aliran udara, aliran air dan batas kemampuan alat untuk
dapat digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara di alam terbuka,
kecepatan
|
kecepatan aliran air di alam terbuka, kepatan aliran angin dari
kipas angin, dan kecpatan aliran air di kran
|
aliran udara di alam terbuka,
kecepatan aliran air di sungai dan mengukur kecepatan aliran udara dari kipas
angin dan kecepatan aliran air dari kran air di rumah.
|
mempresentasikan hasil
|
Mempresentasikan hasil yang diperoleh
|
Kelebihan Dan
Kelemahan Model Pembelajaran Pelatihan
Kesadaran
Kelebihan
1). Memberi semangat untuk berinisiatif, kreatif, dan
aktif
2). Rasa percaya diri dapat lebih meningkat
3). Dapat belajar untuk memecahkan, menangani suatu
masalah
4). Meningkatkan belajar bekerja sama
5). Belajar berkomunikasi baik dengan teman sendiri
maupun guru
6). Belajar menghargai pendapat orang lain
kekurangan
1). Sampai saat ini, masih sangat sedikit sekolah
atau guru yang menerapkan model ini.
2). Model
ini dapat dilakukan sebagai selingan
yang tidak memakan waktu terlalu banyak.
3). Tidak semua
topik cocok dengan model pembelajaran
Model pembelajaran ini di kemukakan oleh Carl Rogers.
Yang dimaksud non directive adalah tanpa menggurui, yakni guru hanya
memberikan pengarahan pada siswa untuk menemukan ide-ide dalam memecahkan
masalahnya sehingga siswa dapat berkembang dari hasil pemikirannya.
Langkah-langkah pembelajaran non directive
teaching
Menurut Roger, teknik utama dalam
pembelajaran pengajaran tidak lansung yaitu Non-directive Interview atau
wawancara tanpa menggurui, yaitu wawancara tatap muka antara guru dan siswa.
Selama wawancara.
Menurut
Roger, suasana wawancara terbaik memiliki
empat kualitas, antara lain:
- Guru
menunjukkan kehangatan dan tanggap
- Hubungan
konseling dicirikan oleh rasa permisif yang ditunjukkan oleh ekspresi
- Siswa
bebas mengekspresikan pendapatnya, namun dalam batasan bahwa ia tidak
bebas untuk mengendalikan guru atau melakukan gerak hatinya dengan
tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan
- Hubungan
konseling bersifat bebas dari suatu jenis tekanan atau koersi
Kelebihan
dan Kelemahan
Kelebihan metode non direktive
- Guru memberi permasalahan yang merangsang proses
berfikir siswa sehinggaobyek belajar berkembang sesuai yang diharapkan
- Siswa menemukan sendiri pengetahuan yang digalinya
aktif berfikir danmenguasahi pengertian yang baik
Kelemahan metode non direktive
- Terjadi perbedaan pemahaman karena tingkat
intelektual dan cara berfikir siswaberbeda
- Seorang guru setiap saat harus mengoreksi cara
berfikir siswa agar tidak keliru dalam memahami suatu hal
0 comments:
Posting Komentar