AWARENESS TRAINING (Pelatihan Kesadaran)

November 21, 2012 0 Comments


Nhingz, BLOG--Model AWARENESS TRAINING (Pelatihan Kesadaran) pencetusnya dan dikembangkan oleh Milliam Schutz. Model ini merupakan suatu model pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran manusia.
Wiliam Schutz  menekankan pentingnya pelatihan interpersonal sebagai sarana peningkatan kesadaran pribadi (pemahaman individu).
 Mengapa demikian…….?????
Empat tipe perkembangan yang dibutuhkan untuk merealisasikan potensi individu secara utuh :
      a)     fungsi tubuh
      b)     fungsi personal
      c)      perkembangan interpersonal
      d)     hubungan institusi-institusi sosial, organisasi sosial, dan budaya masyarakat
Schutz ingin mengembangkan model pembelajaran untuk memenuhi salah satu dari keempat tipe perkembangan tersebut, yaitu perkembangan interpersonal.

Proses atau Penerapan Pembelajaran Pelatihan Kesadaran

Prosedur pembelajaran pelatihan kesadaran hanya meliputi dua tahap, yaitu:
Ø  Menyampaikan tugas dan   menyelesaikannya;
Ø  Mendiskusikan atau menganalisis Tahap 1.

Fase
Kegiatan
Fase satu
 
  Menyampaikan tugas.
   Menyelesaikan tugas.
       Mengamati aliran udara, membuat alat ukur kecepatan udara dan menggunakan alat ukur yang dibuat untuk mengukur kecepatan aliran udara.
Fase dua.
 
   Mendiskusikan hasil  pembuatan alat ukur.
 
  Mengguankan alat ukur untuk mengukur kecepatan aliran udara dan
      Menganalisis fungsi alat dan dan kemampuan alat yang di buat dapat dapat di gunaka untuk mengukur kecepatan aliran udara, aliran air dan batas kemampuan alat untuk dapat digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara di alam terbuka, kecepatan
kecepatan aliran air di alam terbuka, kepatan aliran angin dari kipas angin, dan kecpatan aliran air di kran
 
aliran udara di alam terbuka, kecepatan aliran air di sungai dan mengukur kecepatan aliran udara dari kipas angin dan kecepatan aliran air dari kran air di rumah.
   mempresentasikan hasil
Mempresentasikan hasil yang diperoleh

Kelebihan Dan Kelemahan Model Pembelajaran   Pelatihan Kesadaran
Kelebihan
1). Memberi semangat untuk berinisiatif, kreatif, dan aktif
2). Rasa percaya diri dapat lebih meningkat
3). Dapat belajar untuk memecahkan, menangani suatu masalah
4). Meningkatkan belajar bekerja sama
5). Belajar berkomunikasi baik dengan teman sendiri maupun guru
6). Belajar menghargai pendapat orang lain
kekurangan
1).  Sampai saat ini, masih sangat sedikit sekolah atau guru yang menerapkan model ini. 
2). Model ini  dapat dilakukan sebagai selingan yang tidak memakan waktu terlalu banyak.
3). Tidak semua topik cocok dengan model pembelajaran

Model pembelajaran ini di kemukakan oleh Carl Rogers. Yang dimaksud non directive adalah tanpa menggurui, yakni guru hanya memberikan pengarahan pada siswa untuk menemukan ide-ide dalam memecahkan masalahnya sehingga siswa dapat berkembang dari hasil pemikirannya.
Langkah-langkah pembelajaran non directive teaching
Menurut Roger, teknik utama dalam pembelajaran pengajaran tidak lansung yaitu Non-directive Interview atau wawancara tanpa menggurui, yaitu wawancara tatap muka antara guru dan siswa. Selama wawancara.
Menurut Roger, suasana wawancara terbaik memiliki empat kualitas, antara lain:
  1. Guru menunjukkan kehangatan dan tanggap
  2. Hubungan konseling dicirikan oleh rasa permisif yang ditunjukkan oleh ekspresi
  3. Siswa bebas mengekspresikan pendapatnya, namun dalam batasan bahwa ia tidak bebas untuk mengendalikan guru atau melakukan gerak hatinya dengan tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan
  4. Hubungan konseling bersifat bebas dari suatu jenis tekanan atau koersi
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan metode non direktive
  1. Guru memberi permasalahan yang merangsang proses berfikir siswa sehinggaobyek belajar berkembang sesuai yang diharapkan
  2. Siswa menemukan sendiri pengetahuan yang digalinya aktif berfikir danmenguasahi pengertian yang baik
Kelemahan metode non direktive
  1. Terjadi perbedaan pemahaman karena tingkat intelektual dan cara berfikir siswaberbeda
  2. Seorang guru setiap saat harus mengoreksi cara berfikir siswa agar tidak keliru dalam memahami suatu hal



Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya.

0 comments: