[Makalah] Penerbangan Ke Luar Angkasa

Februari 24, 2013 , 2 Comments


BAB I
PENDAHULUAN
Nhingz, BLOG--Semenjak zaman dahulu kala,manusia sudah terpesona dengan keindahan langit malam, bulan dan matahari. Tidak ada manusia yang tidak terpukau ketika menemukan dirinya  berada di bawah bentangan lautan bintang. Baik yang terang maupun yang redup, menurut orang yunani, bintang terang itu adalah bintang pengembara atau yang disebut dengan planet.
Disaat kita mangamati benda-benda langit seperti matahari, bulan maupun bintang maka secara tidak langsung kita sudah mengamati benda-benda angkasa luar. Meskipun diamati dari jarak yang sangat jauh.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka para ilmuan mengadakan penelitian-penelitian angkasa luar  untuk mengamati benda langit dari tempat yang lebih dekat, maka diciptakan alat yang dapat dilontarkan keluar angkasa untuk mendekati benda-benda langit. Untuk melontarkan satelit buatan maka dibutuhkan alat pendorong atau roket yang sangat kuat agar satelit dapat terlepas dari pengaruh gaya grafitasi bumi.
BABII
PEMBAHASAN
A. Tahap awal penerbangan ke luar angkasa
Peneliti-peneliti angkasa luar ingin mengamati benda langit dari tempat yang lebih dekat, maka di ciptakanlah alat yang dapat di lontarkan ke ruang angkasa untuk mendekati benda-benda langit, pada awalnya di luncurkan pesawat tanpa awak, kemudian pesawat itu di lengkapi dengan penumpang seperti hewan. Setelah terbukti keselamatan hewan terbukti terjamin, barulah diberi awak manusia. Pada awalnya,  pesawat itu beredar mengorbit bumi, kemudian lebih jauh lagi, yaitu ke bulan sebagai benda langit terdekat, dan akhirnya dapat. mencapai planet-planet lain yang jaraknya sangat jauh dari planet bumi ini. Jauh sebelum peneliti mengadakan penerbangan keluar angkasa, ada sudah menerangkan didalam Al-qur’an surat Ar Rahman ayat 33.  “(Hai sekalian jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan Allah)”. Ternyata  bahwa ayat-ayat Al quran tidak ada yang menghambat kemajuan ilmu pangetahuan dan teknologi, bahkan sebaliknya Al qur’an selalu menantang manusia untuk menggunakan akalnya agar mandapat pelajan dari ayat-ayatnya khususnya tentang penjelahan di luar angkasa. Pada QS. Ar Rahman ayat 33 mangandung isyarat bahwa manusia harus mempunyai kekuatan dengan seizin Allah untuk mengalahkan gaya tarik bumi, mana kala manusia ingin menembus penjuru langit pergi meninggalkan bumi.
 Untuk manusia yang hidup pada zaman yang  sudah maju saat ini, tentulah tidak sulit mengatakan bahwa kekuatan yang dimaksudkan adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tentang peroketan yang dapat mengantarkan manusia ke ruang angkasa. Tanpa dukungan roket manusia tidak akan dapat mengalahkan gaya tarik bumi. Inilah yang dimaksudkan dengan kekuatan tersebut. Tanpa kekuatan tersebut, maka benda apapun yang dilemparkan ke angkasa akan jatuh kembali ke bumi karena adanya gaya gravitasi, seperti halnya kalau kita melempar batu ke atas akhirnya akan jatuh lagi ke bumi.  penjelajahan ke luar angkasa adalah eksplorasi fisik dari benda diluar bumi dan biasanya menyakut teknologi, ilmu pengetahuan, dan politik yang berhubungan dengan luar angkasa. Salah satu yang paling terkenal dan aspek penting dari penjelajahan angkasa adalah pendaratan manusia pertama di bulan dalam perlombaan angkasa antara Ameriaka serikat dan Uni Soviet. Penjalahan ke luar angkasa mulai berkembang setelah perang Dunia II, dengan berhasil diluncurkannya roket V-2 ini merupakan bagian pokok semua kendaraan antariksa masa kini dan akan tetap dimikian dalam waktu  lama.
Uni Soviet membuka era luar angkasa pada tanggal 4 oktober 1957 dengan meluncurkan satelit buatan yang pertama, Sputnik I, ini mengakibatkan pengaruh yang luar biasa bagi dunia. Hanya dalam jangka waktu 12 tahun, manusia sudah bisa mendarat kebulan, dan 7 tahun sesudahnya sebuah wahana tak berawak berhasil diluncurkan untuk mengamati planet Venus dan Mars.Spuntik berhasil membuktikan nilai ilmiahnya, yaitu dengan menunjukan kepadatan atmosfer bumi lapisan atas adalah 5 sampai 10 kali lebih dugaan siapapun sebelumnya, dan suhunya lebih tinggi.
Amerika serikat meluncurkan satelitnya yang pertama, Vanguard, pada bulan desember 1957, meskipun banyak didera kegagalan. Setelah itu Explorer I berhasil dengan sukses mendapatkan informasi langsung mengenai kawasan 113.000 km di atas bumi dan memetakan batas sabuk Van Allen, yakni daerah sabuk radiasi di sekitar bumi yang tidak diduga sebelumnya.
Pihak Soviet yang pertama kali berhasil menerbangkan manusia, yaitu yuri Gagarin ke antariksa pada bulan April 1961. Penjelajahan ke angkasa luar ini pada dasarnya bisa dibagi  tiga kategori besar, yaitu:
1.   Satelit bumi yang diluncurkan dengan kecepatan tertentu menuju orbitnya mengililingi bumi. Kecepatan yang di butuhkan satelit untuk pergi ke orbit yang berbentuk ellips minimal 7,9 km/detik.
2.      wahana antaraiksa antar planet dan yang ke bulan, harus diluncurkan dari bumi minimal  dengan kecepatan sebesar 11,2 km/detik agar lepas dari gravitasi bumi.
3.    pesawat ulang alik yang dirancang untuk lepas landas dari bumi, kemudian mengadakan  penyelidikan di angkasa luar, dan kembali lagi ke  bumi. Penerbangan pesawat ulang alik yang pertama yang sukses adalah colombia buatan amerika pada tahun 1981.
B.  Penerbangan ke bulan
            Kurang dari setahun sejak mulainya abad antariksa, amerika serikat mengarahkan usahannya ke bulan. Hasilnya ialah pioneer I, II, dan III yang diluncurkan pada tahun 1960, meskipun mengalami kegagalan pada mesin pendorongnya. Satelit buatan soviet menuju bulan, lunik,  gagal mencapai orbit bulan, malahan mencapai matahari, sama seperti nasib ploneer IV. Akhirnya lunik III berhasilmendapatkangambar bagian bulan yang tidak pernah terlihat dari bumi, dan ranger butan Amerika berhasil mendapatkan 4000 gambar bumi dari antariksa. 

Akhirnya Amerika mencanangkan proyek Apollo menuju bulan, dan puncak kesuksesan tercapai pada saat Apollo XI berhasil mendaratkan menusia pertama dipermukaan bulan pada tanggal 21 juli 1969 tepat pada pukul 09.56 WIB tercatat sebagai detik pertama manusia bumi menginjakkan kaki di bulan. Pendarat pertama adalah astronot Neil Amstrong kemudian di susul oleh pendarat ke dua Edwin Aldrin, sementara itu pesawat command module dengan pilotnya michael collins tetap mengorbit bulan. Keberhasilan pendaratan apollo XI ini di ikuti dengan misi pendaratan Apollo XII dan Apollo XIII.Namun Apollo XIII mengalami nasib yang sial,
Gambar: Pesawat angkasa Apollo XI
Menjelang saat pendaratan pesawat ini mengalami gangguan pada pembangkit tenaga listriknya, sehingga pendaratan di bulan di batalkan dan pesawat segera kembali ke bumi. Dan akhirnya dapat mendarat dengan selamat di lautan pasifik.
C. penerbangan ke planet tetangga
a. Penerbangan ke venus       
Usaha untuk mencapai planet tetangga , lebih sukar dari pada pergi ke bulan. Soviet melakukan upaya pertama mengumpulkan informasi tentang venus dengan menembakkan penjajak venus dari Sputnik VIII pada tanggal 12 februari 1961. Setelah itu mariner dari amerika yang diluncurkan tahun 1962 berhasil melaporkan sejumlah fakta mempesona tentang venus, seperti suhu permukaan yang sangat tinggi berkisar 450oC, awan kelabu yang menyelubunginya, dan tidak adanya medan megnet di planet itu. Venera  dari soviet berhasil memasuki atmosfer Venus, tetapi langsung hancur. Wahana antaraiksa Amerika serikat yang terbaru untuk mengamati venus, Magellan, merupakan wahana pertama yang diluncurkan dengan pesawat ulang alik Atlantis pada tanggal 4 mei 1989. Mangellan berhasil menerobos atmosfer Venus sampai ketinggian 250 km dari permukaan untuk melakukan pemetaan radar.
b. Penerbangan ke Mars        
Mariner IV, VI dan VII adalah wahana antaraiksa tak berawak yang berhasil mengamati Mars. Wahana ini memberikan informasi bahwa planet ini sama bopengnya dengan bulan karena banyaknya kawah. Atmosfer mars
samatipisnya dengan atmosfer bumi pada ketinggian 39.000 km di atas permukaan
laut, serta lingkungan mars memang tidak bersahabat bagi bumi dahampir tak berisi udara. 
Gambar: Satelit tanpa awak
Wahana antariksa Voyager dikirim untuk mengamati Jupiter dan Saturnus, dan membuahkan sukses besar dalam pengamtan jumlah satelit dan cincin Jupiter. Voyager I akhirnya keluar dari tatasurya, tetapi Voyoger II memaruskan perjalanan menuju Uranus dan neptunus. Pada tahun 1989 Jupiter kembali didatangi wahana yan g lain, yaitu Galileo buatan Amerika. Galileo diluncurkan untuk menyelidiki keadaan internal Jupiter, karena diduga materi pembentuk Jupiter sama dengan materi awal pembentukan tatasurya. Jupiter diselubungi lapisan atmosfer tebal yang melindunginya dari evolusi. Saturnus pun akan didatangi wahana lain, Cassini, pada tahun 1997 untuk menyelidikan hal yang sama.
Selain planet-planet, astroid dan komet menjadi sasaran kedatangan wahana antariksa dari bumi. Wahana Clementine selaian mengunjungi bulan, juga akan mendatangi astroid 1620 Geographos. Galileo dalam perjalanannya menuju Jupiter sempat juga bertemu dengan Asteroida. Dan pada tahun 1986 saat komet Halley ke dekat Matahari, banyak satelit, seperti vega dari rusia, Giotto buatan eropo, dan suisei buatan jepang diluncurkan untuk mengamatinya..
Matahari sebagai pusat tatasurya tak ketinggalan juga untuk diselidiki, yaitu oleh wahana ulysses yang akan mengamati keadaan tubuh nya.
Satu terobosan besar dalam astronomi antariksa adalah dengan diluncurkannya teleskop antariksa, yang diberi nama Hubble Space Telescopo (HST). HST ini di bangun oleh NASA dengan kontribusi besar dari European Space Agency. Instrumen dengan daya rotasi tinggi yang diluncurkan ke luar atmosfer bumi ini tidak hanya peka cahaya ultraviolet yang tidak dapat menembus atmosfer bumi.
BAB III
PENUTUP
A. kesimpulan                                                                
Salah satu yang paling terkenal dan aspek penting dari penjelajahan luar angkasa.adalah pendaratan pertama kali dibulan yaitu Pada tanggal 21 juli 1969 pesawat amerika serikat dengan penerbangan Apollo XI meluncur menuju bulan. Pesawat dengan tiga awak yaitu: Michael Collins, Neil Armstrong dan Edwin Aldrin.
Usaha untuk mencapai planet tetangga kita, ternyata lebih sukar dari pada pergi kebulan.

DAFTAR PUSTAKA
Arya wardhana, Wisnu.2004, Al Qua’an dan Energi Nuklir, yogyakarta:
            Pustaka  pelajar.
Foster, Bob. 2000, Terpadu fisika, Jakarta ;  Erlangga.
Hasilmutomo. Blogspot.com/2009 03.01 archive.html
Precious king city_http// awangfaisal.Net63.Net/

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

2 comments:

Anonim mengatakan...

makasih,,, sangat membantu pembuatan tugas saya :)

Poor Girl mengatakan...

Kak di mohon bantuanya mampir ya kak karena disini juga ada kak

https://medium.com/@ctworksss7/what-is-space-7dd9d3c2997e
.