Kongres Pemuda at UNHAS

November 06, 2013 , 0 Comments


Nhingz, BLOG--Kisah ini sudah seminggu berlalu, tepatnya di tanggal 27 Oktober. Pertanyaannya, kenapa baru sekarang dishare? Baru teringat, karena nggak ada dokumentasi yang membuatku untuk mengingatnya. Hehe ^^ biasa penyakit amnesia terkadang muncul.

Well, sebagaimana ketentuan awal dari blogku “Mengalami,, Lalu berbaagii” So aku akan bercerita. 

Kegiatan kongres pemuda ini dilaksanakan di UNHAS (PTN Sul-Sel) pada hari ahad 27 Oktober 2013, tempatnya di gedung kedokteran ..... (lupa nama khusus gedungnya). Hmmm temanya yaitu “Pemuda Menuju Masa Depan Gemilang Dalam Peradaban Khilafah”.

Sebenarnya nggak ada niat untuk mengikuti kegiatan ini, karena planningku dihari itu akan pergi menyaksikan pentas seni yang di adakan di SMA Yapip Makassar, tempat dimana aku menjalani PPL. Yah ternyata,,, hanyalah planning... Sekitar pukul 21.30, hpku berbunyi dengan lagu touchlove (Ost. Master’s sun yang dinyanyikan Yoon mi rae) menandakan ada pesan masuk. Pesan itu dari salah seorang Musrifah (panggilan untuk seorang pengajar), isinya memberitahukan untuk mengikuti kongres pemuda at Unhas pukul 08.30, Musrifah+Darisah (sebutan untuk pelajar) wajib ikut.  
          “Haaaaa,, wajib”. Cetusku karena kaget. 
          “OMG,,, kalau wajib diharuskan datang ini”. Tambahku dengan datar.

Setelah selesai melaksanakan shalat subuh, aku menghubungi salah seorang teman satu liko (kelompok) namanya Naya ingin menanyakan, apakah dia akan mengikuti kongres pemuda at Unhas?
“Afwan nggak bisa ikut, soalnya sekarang saya sedang menjalani program CBT selama 3 hari di Patalassang (nama desa di Kabupaten Gowa Sul-Sel)”. Jawabnya.
“Uh Ohhh, kalau kamu nggak ikut, aku juga ngga mau ikut dehh. Soalnya nanti nggak ada yang temani+tak ada teman bicara”. Paparku.
“Jangaaan,, diharuskan pergi itu. Contact zha Kak Heny!”. Tegasnya.
Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain, untuk berinteraksi, tolong-menolong dll. Nah, dalam menjalani aktifitas ini aku termasuk orang yang Uncofident kalau jalan sendirian. Hmmm banyak kok yang aku kenal dari liko lain, tapi karena belum terlalu akrab, so nggak enakkan githu di ajak bicara.

Sesuai saran dari Naya, aku  menghubungi Kak Heny menanyakan tentang kongres tersebut. Ia memberitahukan untuk berkumpul di Mesjid Kampus (Meskam) satu pukul 07.30 supaya berangkat bersama dengan peserta lainnya. Oh ya info. Sedikit, Kak Heny dan aku tinggal dalam satu kecematan, kampungnya lumayan jauh dari kampungku sekitar 8 km-lah. Selain sebagai seniorku dijurusan Physic Education UIN (Alhamdulillah sudah wisuda tahun ini) dan ia juga sebagai senior dalam organisasi, hmmm kayanya hampir jadi musrifah... Hehe ^^ Peace!!!

Tepat pukul 07.30 aku sampai di Meskam 1, disana sudah lumayan banyak peserta lainnya yaitu dari kampus Unismuh dan UIN. Aku menyapa sekaligus bersalaman dengan mereka. Hampir selesai proses salam2an, baru nyadar ternyata Kak Heny belum nampak (haaa...penampakanka apa? Hehe ada maksudnya). Sedikit memberi jarak dengan peserta lainnya, aku pergi ke teras mesjid. Dan sambil berjalan, akumeraih hp dikantung kanan jilbabku, kemudian menggerakkan jari-jariku mensearch nope Kak Heny, saat ditemukan akupun segera menghubunginya menanyakan keberadaannya. Jawabannya singkat_
 “masih dijalan, tunggu sebentar!” beritahunya.
Sekitar 10 menit kemudian Kak Heny datang, melihat aku yang berada di teras ia melambaikan tangannya menyuruh bergabung, aku bergegas menghampirinya kemudian bersalaman. Hehe seperti biasanya sesuai Sabda Rasulullah... ^_^
"Sebarkan salam dintara kalian!!!^_^
           
Next dikala sedang duduk peteh-peteh (bahasa makassarnya angkutan umum) carteran menuju UNHAS tiba didepan kami, kamipun menaikinya.

Sampai didepan gedung aku lupa liat jam berapa, soalnya saat itu kami pada sibuk memperhatikan beberapa akhwat (sebutan untuk kaum wanita) yang pusing, Kak Ayhu pusing tentang TTD petisi dan beberapa lainnya pada sibuk nyari WC. #Waaahhh

Yang buat ribet lagi disuruh berdiri menunggu didepan meja registrasi, katanya kami yang internal (organisasi yang sama mungkin) dilarang masuk duluan, mereka ingin menyelesaikan registrasi yang peserta eksternal terlebih dulu. Padahal menunggu adalah hal yang menyebalkan,,, hmmm saabaaar. #Ok ^^

Alhamdulillah regitrasi untuk peserta eksternal selesai, perwakilan dari kami menyerahkan kumpulan semua tiket dari kami ke panitia regitrasi, kemudian panitia menyuruh kami mengambil fasilitas kongrsa antara lain pita, snack dll. 

Saat masuk kedalam gedung masih zha sedikit rempong, soalnya kami sibuk mencari tempat duduk. Tempat duduk itu diatur sesuai dari PT masing-masing, sehingga kami berpencar. Aku bersama Kak Heny bersama, karena berasal dari PT yang sama. Setelah menerawang beberapa kursi didepan.

“Itu UIN”. Tunjukku memberitahukan Kak Heny sambil mengajaknya menempati kursi tersebut.
Acaranya lumayan sudah berlangsung lama, karena saat kami didalam sudah di acara ini yaitu penyajian materi. Kala itu moderator mulai memperkenalkan diri (lupa namanya siapa), dilanjutkan dengan memperkenalkan juga dua orang pemateri dan menyuruh pemateri untuk menempati tempat yang telah disediakan. Saat perkenalan aku tidak terlalu mengubris, siapa namanya atau apalah. Karena pemahamanku kata bijak menyatakan_
“Perhatikanlah apa-apa yang dikatakannya (diucapkannya) dan jangan memperhatikan siapa yang mengatakannya”.
Di mulai dengan obrolan awal moderator menanyakan pendapat kedua pemateri tentang “Masa Muda”. Pemateri pertama menjawab memulai dengan menceritakan sedikit kisah Ayahnya saat masih muda, beliau selalu berusaha dan kerja keras hingga menjadi seorang PNS dan dapat membiayai kehidupan keluarganya. Artinya_ Masa muda itu merupakan aset penentu bagi masa depan kelak.

Afwan hanya pendapatnya pemateri pertama yang teringat, cause saat pemateri pertama menjawab aku juga mengingat kerja keras yang dilakukan oleh My father, beliau juga seorang guru PNS. Jadi kangen... ^_^

My think_ jawaban pemateri pertama berkesan, santai, dan tegas membuatku paham tentang itu. Supaya lebih bermakna dan teringat dengan kata-katanya, baiknya juga di tahu siapa dia. Finnaly aku bertanya sama Kak Heny,
“Tadi pemateri pertama siapa namanya?”.
Riis (namanya nggak lengkap, takutnya pemilik nama membaca dan bisa jadi dia marah_ afwan yah Kak!!)”. Beritahunya sambil menunjuk slide nama-nama pemateri. Akupun mengangguk mengerti.
Acara yang diadakan sangat menggugah dan untuk video+drama (cara mencari tempat diskusi yang tepat untuk membahas solusi problematika umat yang dihadapi sekarang) keren, meski musiknya agak sedikit menganggu. Oh ya pada acara akhir yaitu pembacaan do’a sungguh membuat terharu sampai sempat meneteskan air mata sihh, cause pembaca do’anya sangat mendalami dan menghayati do’a yang ia tuturkan hingga terisak-isak... Huhu {_}
Setelah acara kongres dalam gedung berakhir, akan dilanjutkan dengan acara yang kedua yaitu aksi didepan kampus. Tapi sebelum keluar, aku di suruh ttd dulu (nggak tahu buat apa). Ini hasilnya_


Saat berjalan lewat pintu menunggu giliran untuk keluar, aku melihat Kak Riis berada di sampingku, waktu ingin menyapa dan berkenalan. #Ehhh musrifahku duluan menghampiri,“Ternyata datang juga, kirain nggak”. Katanya. Aku hanya tersenyum. Beliaupun melambaikan tangannya dan pergi. Segera melihat kembali kearah Kak Riis berdiri, #Waahh ternyata nggak ada. Hummm “nggak jadi deh kenalannya”. Cetusku. 
Kenalan disini saja yah Kak_ hehe *_*

Dipintu aku menerima sertifikat, kemudian bergabung dengan peserta lainnya yang sudah berbaris dua banjar untuk melaksanakan aksi. Dan kalau nggak salah dengar (berhubung dijalan raya) Kak Riis juga menjadi Orator. Setelah selesai mengikuti kegiatan itu, kami berpencar, pulang menuju kozh masing-masing.

Nhingzhdt

Saya adalah seorang individu yang sedang berusaha mengejar tujuan untuk menjadi sukses, dan berharap hal itu segera terealisasi. Aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang guru mata pelajaran IPA, saya mempunyai dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan dan semoga menjadi teladan bagi murid saya. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap musik K-pop, yang menjadi sumber inspirasi dan hiburan di tengah kesibukan rutinitas yang saya lalui. Selain itu, hobi saya yaitu senang menonton drama Korea dan drama China yang mencerminkan minat saya dalam cerita, budaya, dan keindahan seni. Berikut drama yang saya favoritkan yaitu Kidnapping Game, Dear Missy, Falling Into You, Bussiness Proposal dan My Dearest.

0 comments: